Rabu, 27 Maret 2013

Dialog yang bikin gondok


Di bawah terik matahari di pinggir lapangan, terdapat segerombolan emak emak sedang menanti buah hati mereka yang sedang menunaikan “ibadah haji” yang diselenggarakan mandiri di suatu halaman masjid berhubung antrian di DEPAG sudah puaaanjang sekali. ;)

Percakapan di mulai dari hal yang cenderung basa-basi. Bla, bla, bla, sampai akhirnya tanpa disadari sudah masuk ke area yang lebih sedikit privat. Terkuaklah sedikit-sedikit gambaran sifat, sikap, perilaku, serta kepribadian emak-emak itu dari kata-kata yang terucap maupun dari reaksi spontan yang keluar.

Ada yang “sepertinya” sabar, keibuan, cuek, mandiri, manja, sampai sombong. Nah, yang terakhir ini yang paling ga banget dah :-h. Berikut potongan percakapan yang dikutip langsung dari narasumber yang terlibat langsung dalam percakapan tersebut, dalam hal ini emak 1. Cekidot:


Emak 1: “Gila ya sekarang sekolah-sekolah bagus uang masuknya selangit, mpe belasan juta”.
Emak 2: “Iya bener, si H**** mo aku masukin Gr***** aja. Bagus di situ”.
Emak 3: *hanya diam mendengarkan.
Emak 4: “Dimana tuh Gr*****?”.
Emak 1: “Di deket kavling pemda bu”. ”Mahal tuh Bu, berapa sekarang? Sepuluh ya?” bertanya pada emak 2.
Emak 2: “Kalau aku itung- itung dengan kenaikan 20% aja itu sekitar dua belas”.
Emak 1: “Walah, mahal amat. Jadi pusing, mo masukin ke yang bagus tapi kok ya mahal amat, belum perbulannya ples tiap tahun ada daftar ulang”. *dengan muka yang beneran pusing
Emak 4: “Aah, pasti bisalah situ. Kan dua-duanya kerja”.
Emak 1: “Amin, mudah mudahan bisa ya bu”. *masih dengan muka pusing tapi sekarang dengan penuh pengharapan :y.
Emak 2: “Emang mahal sih, tapi untung udah ada”. *dengan tanpa ada rasa empati melihat emak 1 pusing mikirin biaya.
Emak 1: Gundul nih orang :f . #dalam hati

Emak 3: “Mahal ya, ah si Z**** mah di SD negeri aja lah bu, gratis”.
Emak 4: “Mau di mana Bu?”.
Emak 3: ”Di C***** 3 aja yang deket dari rumah”.
Emak 1: “Ooh, C***** 3? Saya sekolah disitu dulu bu. Bagus kok”.
Emak 2: “Sekolah negeri itu yang bagus SD K******* B*** 1. Saya kan sekolah di situ”.
Emak 1, 3, & 4: #No comment 

Emak 1: “ Eh di sini juga dah ada sekolah alam lho bu, di C*******. Agak jauh sih, saya juga belum tau pasti apa yang di unggulkan, apa yang mereka "jual" sampe biaya nya mahal banget”.
Emak 4: “Emang berapa?”.
Emak 1: “50 juta bu, itu dulu”.
Emak 3&4: “Haah” *dengan ekspresi benar-benar kaget
Emak 1: “Iya bu, tapi sampai kelas 6, kalau saya bandingin ma SDIT ga beda jauh bu, selisih 3 jutaan. Nah buat yang punya duit mah saya pikir kalau yang sekolah alam tawarkan lebih baik, kenapa enggak”.
Emak 2: “Oh gitu, apa si H**** di situ aja ya? Ga masalah kalau cuma beda 3 jutaan mah”.
Emak 1: “Temen saya anak nya di situ, per bulan jatoh nya jadi 700an. Itu tuh yang berat nya, perbulan nya jadi gede kalau uang mukanya sedikit”.
Emak 2: “Ga masalah sih”.
Emak 1: Asem nih orang :v #masih di dalam hati sambil ngelirik sendal yang cukup gede tuk ngegetok pala segede gitu.

Gimana bu ibu, agak ngeselin ga sih emak 2 itu?. Di saat orang-orang di sekelilingnya sedang berkeluh kesah tentang mahalnya biaya masuk sekolah dia dengan santai nya berkata yang sebaliknya. Di mana perasaannya di saat emak 1 pusing dengan biaya yang harus dia cari untuk menutupi kekurangan tabungannya selama ini? Di mana empatinya di saat emak 3 lebih memilih SD Negeri karena faktor gratis dengan menomor sekiankan kualitas? Dimana perasaannya di saat emak 3 terkesan salah memilih SD negeri yang bagus? Di mana sesungguhnya perasaannya? Bukan di sini yang pasti. Entah sudah hilang atau memang dia tidak pernah memilikinya? :t. !!.

Alangkah indahnya jika semua orang dapat berempati pada orang lain. Tidak harus dengan memberi bantuan. Bukan, kami bukan mengharap bantuan darinya. Dia hanya harus sekedar diam, tidak perlu memberitahu dunia betapa siapnya dia menyekolahkan anaknya ke sekolah yang paling mahal di tengah kumpulan orang-orang yang belum atau bahkan tidak siap. Dia bisa memberi tahu kalau ada sekolah negeri yang lebih bagus daripada pilihan emak 3 dengan cara yang baik. Dia bisa menahan diri untuk tidak makin merendahkan emak 1. Dia bisa, bisa, bisa, dan bisa yang lainnya kalau dia mampu dan mau menghargai perasaan orang lain.

Kejadian ini mungkin banyak kita lihat diluar sana. Dari presiden yang berkeluh kesah betapa gajinya yang 60 juta masih kurang di tengah sebagian rakyatnya yang dalam sehari pun mungkin hanya bisa makan dua kali sehari, beberapa artis yang harga tas nya saja hampir senilai 1 M di tengah orang-orang yang hanya bisa makan dengan beras jatah raskin, dan masih banyak kejadian yang membuat miris hati.

Di tengah-tengah menulis ini saya berpikir apa reaksi emak 2 kalau tau saya tuliskan kisahnya seperti ini ya?. Saya punya khayalan sendiri. Mungkin dia akan berkata seperti ini:

Emak 2: “Eh, ga sopan lu ya nulis kaya begini. Pake ngomong gue sombong segala. Kalau emang lo ga mampu, lo ga ada uang. Ya udah jangan pake nyela gue segala lah. Sekolahin aja anak lu ke sekolah yang sesuai sama kemampuan kantong lo”.

Bener juga ga sih bu ibu, saya jadi sadar. #thanks to emak 2. Mbok ya saya ga usah ngoyo mo nyekolahin anak ke sekolah-sekolah bagus tapi mahal nian itu. Mbok ya ngaca daripada bisa bayar uang masuknya tapi ntar tiap bulannya nunggak spp bulanan. Gimana bu ibu?  ;P

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)