Selasa, 24 November 2015

Belajar Menulis Menyenangkan

"Adek lagi ngapain?" tanya saya melihat akhtar anteng menunduk. "Iniii" jawabnya sambil memperlihatkan tangan yang penuh coretan pulpen. *Aaaaa* teriak saya dalam hati. "Apa itu dek?" *Sok cool*. "Umi... ini bacaannya umi" jawab akhtar sambil memperlihatkan coretan di tangannya. "Jadi itu bacaannya umi?" tanya saya lagi. "Iya" jawab akhtar. "Ooooo so sweet :$ banget sih adek. Adek cinta selalu ya nak sama umi, adek sayang selalu sama umi ya..., adek sampe gede inget umi selalu ya... and bla bla bla panjang sambil tak ciumin tuh pipi my no longer baby boy :k   #EmakMelowGaJadiMarah


Sesaat setelah kejadian itu saya tetiba teringat perkataan suami "Kok akhtar nggak pernah diajarin nulis? :f Beda sama athaya dulu". Nah, langsung deh saya curhat. "Anak cowok itu emang beda kali ya Bi, dulu athaya nggak perlu di ajarin juga dia ambil pensil sendiri minta diajarin nulis. Kalo akhtar, diajarin nulis malah corat-coret nggak karuan. Belum ada minat belajar". "Hhmm ya dicoba aja terus". Dah segitu doang sarannya :v *irit omong*. 


Memang beda kali ya anak cowok ma cewek. Akhtar lebih suka eksplorasi fisik. Main tembak-tembakan, main bola, manjat sana-sini, lompat sana-sini, pokok nya muteeeeer aja nggak pernah diem :#. Pensil, buku, wassalam dah. Saya akhirnya memutuskan untuk menunda semua pengajaran sampai dia masuk TK. Etapiiii... beberapa hari yang lalu saya dapat info tentang aplikasi di play store tentang belajar menulis alfabet. Semoga menarik buat akhtar... :y mari kita cari!!


Ini dia... mari coba kita unduh ;)

Tampilan awal aplikasi menulis alfabet bersama Boci ini menarik lho... colorful dan membuat saya semangat adalah adanya Boci, si bunglon :d. Akhtar memang suka sekali binatang dan akhir-akhir ini dia ngerengek terus minta lihat bunglon gegara salah satu iklan di TV yang ada mengatakan bahwa bunglon bisa merubah warna kulitnya tuk sembunyi. Binatang memang bisa menjadi daya tarik tersendiri buat anak-anak.


Tampilan awal menulis alfabet bersama Boci
Dok. pribadi

Sebelum saya perkenalkan aplikasi ini ke akhtar, saya wajib coba dulu. Karena apa? karena kaya ginian nggak ada waktu saya kecil :) *seru juga lho*. Selain itu, tuk jaga-jaga aja, Khawatir ada sesuatu yang tidak pantas. Alhamdulillah aman, jadi mari kita ajak akhtar bermain... 


Jadi, di belajar menulis alfabet ini, anak-anak akan diajarkan cara menulis alfabet *la iya lah ya.. dah jelas :)*. Caranya bagaimana? dengan mengikuti arah cara menulis huruf sesuai petunjuk. Petunjuk yang ada di sini berupa kendaraan yang bisa digerakkan. Pilihan kendaraannya ada tiga macam. Kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Dan asyiknya lagi, ketika digerakkan kendaraan itu akan berbunyi sebagaimana ia berbunyi jika berjalan. Jadi nggak sepi suasana belajarnya ;)


Pilihan kendaraannya

Waktu memilih kendaraan, akhtar malah menemukan bahwa di bagian awal tampilan pilihan kendaraan, kalau gambarnya di tekan akan terdengar bagaimana suara kendaraan tersebut. Saya malah nggak tau kalau mereka bisa mengeluarkan suara. Kurang eksploratif banget ya saya :(



Lets Start ;)

Yiipie!! It works!! :d aplikasi ini berhasil bikin akhtar anteng belajar tanpa dia sadar kalau dia sedang belajar. Pada awalnya dia belum mahir memainkan jari tangannya dalam menggerakan kendaraannya tuk melengkapi alur membentuk huruf. Tapi, setelah beberapa huruf, lancar ajah!! Dan... yang bikin saya tambah seneng, aplikasi ini juga mengeluarkan suara nama hurufnya jika proses menulisnya selesai. Dan akhtar sukses ngikutin!! :@


Setiap menyelesaikan beberapa huruf, ada penyemangat kaya gini

"Umi keretanya mogok" kata akhtar sambil menekan layar agak kencang. O ternyata, keretanya mundur lagi ke titik awal karena akhtar belum menarik sempurna kereta sampai ke titik akhir penulisan. Jadi, tambah belajar kesabaran dan ketekunan juga ya dek... :k O iya, per huruf nya ada dua kali permainan bun, huruf besar selanjutnya huruf kecilnya. 


Akhirnya selesai sampe Z!! ;)

Akhirnya selesai juga sampai Z dan akhtar masih semangat. Dia balik ke menu awal dan pilih kendaraan lain. Kali ini dia memilih kapal laut. Gambar kapal yang ditampilkan adalah kapal dari kulit jeruk bali. Aaah, jadi ingat masa kecil dulu. langsung deh saya ceritain tentang si kapal dari kulit jeruk bali sama akhtar. Selesai cerita dia minta bikinin deh. Next time ya dek!! ;)


Tampilan menu dalam bahasa Inggris

Sebelum akhtar memulai lagi, saya ajarkan cara bermain dalam bahasa Inggris. Ya bun, di aplikasi ini ada dua pilihan bahasa, Indonesia dan Inggris. Kali ini, saya pilih bahasa Inggris. Untuk awal permainan saya pilih bahasa Indonesia dulu biar akhtar nggak bingung. Maklum, dia bukan anak bilingual. Alhamdulillah dia juga bisa menirukan cara pengucapannya dalam bahasa Inggris dengan baik :@.


Seru ih belajar sama Boci!! Saya dan para bunda lain yang punya anak nggak bisa diem anteng duduk manis belajar dengan pensil dan buku bisa mencoba menggunakan aplikasi ini. Komentar akhtar setelah selesai sampai huruf Z adalah "Mau yang satu dua tiga". Maksudnya, dia mau main yang angka. Hhmmm :t ntar umi cari dulu ya nak, kalo belum ada kita tunggu Boci angka nya dibuat dulu ya... 


"Emang boci dibuat?", "Sapa yang buat umi?", "Alloh ya?" tanyanya banyak :f. "Bukan nak, yang buat orang, bukan Alloh" jawab saya. "Tapi kan orangnya dibuat Alloh" thaya nyamber. "Iya nak, bener". Lanjut ma rebutan main Boci. Hadeuuh :v si kakak dah gede juga masih seneng main boci. Saya Timer deh 10 menit per anak. Tapi cuma dua kali putaran, setelah itu stop main gadgetnya. Perlu dibatasi Bun, biar nggak gadget addicted. "Besok main lagi ya umi" pinta akhtar. "Yo yo..."


Petualangan seru lainnya!! ;)

O iya, ternyata petualangan Boci lainnya ada di www,petualanganboci.com lho... dulu Boci ini namanya Botchi. Belum terlalu saya eksplore sih tapi sekilas saya lihat ada story telling nya. Seru juga kayanya. Mar Ki Tip alias mari kita intip ;)


With Love :L              
    -Indah-


7 komentar:

evrinasp mengatakan...

ini bisa di download ya, wah mau ah biar Alfi belajar sama bochi juga, daripada main games

Yoggy Satya mengatakan...

Postingan seperti ini tuh bikin baper, bawaannya pengen cepet-cepet nikah muda, hihi XD

Pengobatan Tradisional Hepatitis B mengatakan...

sangat menyenangkan

Indah Sulistyowati mengatakan...

Iya mbak evri, gretong di play store ;)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Jiaah... yoggy jadi baper :)

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Waaaah... boleh juga ini aplikasi... saya baru tau. Makasih banyak ya, Mbak :)

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Sebenarnya bukan masalah jenis kelamin, karena anakku keduanya cowok dan minat mereka waktu masih batita juga beda. Si sulung sejak usia 1 th pun udah suka menulis dan baca buku cerita bergambar. Tapi si bungsu malah merobeknya jadi serpihan kecil. Namun karena diajak baca, lama kelamaan dua2nya suka baca sampai remaja :)
Salam kenal mbak

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)