Senin, 04 Agustus 2014

SARUNG Tuk Hidup 60 Tahun Lebih

Umur adalah rahasia Alloh yang tak seorang pun mengetahuinya. Kapan, di mana, dan bagaimana kita akan menutup umur, mengakhiri hidup di dunia, berpulang padaNya. No body knows :o. Menurut saya, dengan ketidaktahuan tersebut kita harus lebih bersemangat menjalani hidup di dunia ini. Semangat beribadah, semangat berbuat kebaikan, semangat selalu memberikan yang terbaik untuk orang sekeliling kita sehingga kalaupun kita dipanggil tetiba gegara apapun, *Ejaan Yang Tidak Disempurnakan :)* kita akan meninggalkan kesan baik dan indah. Semoga sayapun begitu, aamiin... :y


Rosululloh diberi "jatah" di dunia ini 63 tahun tidak seperti nabi-nabi sebelumnya yang bisa hidup bahkan hampir 1000 tahun. "Jatah" saya berapa ya? satu harap saya, akhir hidup yang baik, khusnul khotimah. Ketidaktahuan akan umur saya pribadi tidak menyurutkan semangat saya menuju hidup yang panjang. Semua harus saya persiapkan agar ketika menua tidak menjadi beban bagi sekitar. Agar hari tua saya tetap bisa memberi manfaat bagi sekitar. Bisa tetap sehat, bisa tetap berkarya, dan bisa tetap berbagi.


Ada cara yang mau saya bagi berkaitan dengan persiapan menuju umur panjang, 60 tahun lebih. Saya punya SARUNG sebagai bekal menuju hidup 60 tahun lebih. Ya, SARUNG. Tapi bukan yang kotak-kotak buat sholat itu ;). Saya berusaha menyeimbangkan tiga kekuatan diri yaitu jasadiyah, ruhiyah, dan fikriyah. Ini SARUNG saya:

  • SAyangi fisik

Fisik adalah kekuatan utama yang bisa membuat segala nya menjadi lebih mudah. Bukan kesempurnaan atau keterbatasan fisik yang saya tekankan tapi kesehatan. Ya, sehat lahir a.k.a sehat jasadiyah bisa menjadikan segalanya mudah dan nikmat. Ibadah nikmat, beraktifitas gampang, bersosialisasi lancar :d. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat. Mulai dari olahraga teratur, makan makanan sehat dan halal, gaya hidup sehat, serta secara rutin cek kesehatan. Apa yang sudah, sedang dan akan saya lakukan :t ?. Eng ing eng.... :). 


credit


Yang sudah dan sedang saya lakukan adalah olahraga, gaya hidup sehat, dan secara rutin cek kesehatan :@. Olahraga yang saya pilih adalah naik sepeda. Setiap akhir pekan pasti saya bersepeda keliling komplek dengan keluarga kecil saya. Walau kata suami olahraga bersepeda tidak terlalu mengeluarkan keringat tapi saya tetap memilih olahraga itu. kenapa? karena the kiddos nggak mau diajak lari, mau nya cuma naik sepeda :). Tak apalah yang penting saya sudah mendapatkan keuntungan bersepeda seperti: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan otot, memadatkan tulang, menyeimbangkan hormon sehingga bisa menurunkan kadar kecemasan dan depresi, menguatkan otot pernapasan dan paru-paru, mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menjaga tekanan darah tetap normal, serta mengurangi resiko terkena kanker paru-paru. 


Gaya hidup sehat yang saya lakukan adalah tidur malam tidak larut dan bangun sebelum adzan shubuh berkumandang. Big no to begadang!!. Bangun sebelum shubuh juga baik untuk kesehatan karena udara pagi banyak mengandung O tiga alias ozon. Kandungan ozon ini akan berkurang sampai habis hingga matahari terbit. Ozon dapat mengaktifkan kerja otak dan tulang dan memberikan pengaruh positif pada urat syaraf :@. Hal lain yang rutin saya lakukan adalah mandi sebelum shubuh. Ternyata manfaatnya, Subhanalloh... Air pagi sebelum shubuh juga tinggi kandungan ozon nya sehingga mandi pagi dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan jumlah sel darah putih, menurunkan resiko darah tinggi, meningkatkan kesuburan, menyehatkan jaringan, dan menurunkan kadar depresi karena sifat air yang merelaksasi :c.


Rutin cek kesehatan juga sudah saya lakukan beberapa tahun belakangan ini. Alhamdulillah dapet gratisan dari kantor, general check up. Point makan makanan sehat adalah hal yang akan saya lakukan. Bukan berarti saya tidak mengkonsumsi makanan sehat selama ini tapi saya juga masih mengkonsumsi makanan yang terdeteksi bukan makanan sehat seperti: gorengan. Abizz gemana ya, gorengan itu tuh... ya kamu tau lah :), yang penting halal dan tidak berlebihan kan ya?.

  • RUhiyah dijaga selalu
credit

Ruhiyah amat sangat perlu di rawat. Batin kalau sampai "sakit" bisa berimbas pada fisik. Tidak sakit secara fisik tapi terlihat atau bahkan terasa sakit karena batinnya yang sakit :(. Hal-hal yang sudah saya lakukan untuk menyehatkan ruhiyah saya adalah: berusaha selalu taat dan patuh pada Nya. Saya yakin semua yang dilarang Nya dan semua yang diperintahkan Nya pasti membawa manfaat bagi makhluknya. Selain itu, saya juga berusaha menjalankan ibadah-ibadah sunah. Dari yang pernah saya baca, sesungguhnya ibadah sunahlah yang bisa menjaga kesehatan ruhiyah kita. O iya ada lagi, always thinking positive juga hal yang saya usahakan dengan keras selalu saya jalankan. Selalu cari 1000 alasan baik untuk semua hal. Alhamdulillah, ketenangan sudah saya rasakan :L.


  • NGilmu
credit

Untuk memberikan asupan bagi fikriyah saya, saya harus banyak ngilmu. Alhamdulillah bukan ilmu yang aneh-aneh ya kaya ilmu hitam, santet, dan pelet :o. Ilmu yang dicari kudu yang bermanfaat baik bagi diri saya pribadi maupun orang sekitar saya. Baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Dengan cara berguru secara langsung maupun berguru melalui tulisan. Berguru dari orang yang lebih tua, sebaya, bahkan anak kecil. Ya, kita bisa banyak belajar mudah memaafkan, bersikap jujur, dan percaya dari anak kecil bukan? *ilmu jiwa*. Banyak membaca, sebagai salah satu cara ngilmu saya, menurut penelitian juga bisa mencegah pikun di usia senja. Hmm, menarik sangat ya?. That's why I love knowledge so much  ;)



Itulah SARUNG yang sudah, sedang, dan akan saya lakukan menuju hidup 60 tahun lebih. Mencakup kebutuhan asupan bagi 3 unsur hidup manusia. Jasadiyah, ruhiyah, dan fikriyah. Semoga bisa membawa saya menuju hidup 60 tahun lebih. Semoga saya di kehidupan 60 tahun lebih tetap bermanfaat bagi sekitar bukan malah menjadi beban. Semoga saya tetap konsisten menjalankannya, aamiin. Saya ucapkan juga selamat sudah mencapai hidup 60 tahun lebih untuk Pakdhe :~. Semoga tetap sehat, tetap banyak rezeki, dan tetap bagi-bagi hadiah keren lewat GA :d. 


Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway seminggu: Road to 64




Sumber bacaan:
  • http://www.merdeka.com/sehat/ketahui-9-manfaat-kesehatan-dari-bersepeda.html
  • http://infoislamdaily.blogspot.com/2013/07/manfaat-bangun-pagi-sebelum-subuh.html
  • http://www.maduracorner.com/khasiat-mandi-sebelum-waktu-subuh-tiba/
  • http://alamiilmiah.com/cara-mempertajam-ingatan-dan-mencegah-pikun/

15 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Road to 64 di BlogCamp
Segera didaftar sebagai peserta
Salam hangat dari Surabaya

Indah Sulistyowati mengatakan...

Terimakasih Pakdhe ;)

Santi Dewi mengatakan...

sarung yang sangat bermanfaat, semoga kita semua bisa berumur panjang yang manfaat ya...

Indah Sulistyowati mengatakan...

Aamiin mbak Santi...

mutia ohorella mengatakan...

Wahh...Mak Indah sudah jadi tulisannya, informatif sekali!
Smangat terus, dan semoga sukses ya... Salam dan doa dari jauh :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Makasih Mak Mutia... Aamiin
Doaku juga untukmu Mak ;)

Anggi Prapdi Prayudha mengatakan...

bagi sarungnya buuuuuu.... baru tahu manfaat mandi sebelum subuh menyehatkan, saya malah sukanya mandi tengah malam, meski tahu ndak sehat tapi udah ketagihan sama suasananya yg super hening.

Indah Sulistyowati mengatakan...

Mandi sebelum shubuh juga masih hening kok mas Anggi ;)

Tian Lustiana mengatakan...

SARUNG nya keren mbaaak.... sukses yaa GA nyaaa

Indah Sulistyowati mengatakan...

Makasih mbak Tian... Aamiin, semoga mbak Tian juga sukses ngontesnya ;)

Mas Kid Blog mengatakan...

Siapkan sarung masing-masing... :) tuk meraih kesempurnaan usia kita.

Indah Sulistyowati mengatakan...

Siaaap ;) Makasih mas kid blog

nuzulul arifin mengatakan...

Inshaalloh saya tak akan ketinggalan sarung.

Ione Nasition mengatakan...

Yah, mudah2an kita selalu diberikan kesehatan baik fisik dan rukiyah.Baru mau menuju pola makanan sehat, belum melaksanakan olahraga secara rutin dan cek kesehatan. Semoga sukses ngontesnya, ya?

Indah Sulistyowati mengatakan...

Bagus pak Nuzulul ;)

Terimakasih mas Iwan ;)

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)