Senin, 28 April 2014

Cerdas dg Aplikasi Anak Cerdas

Belakangan ini, sudah menjadi pemandangan yang umum ketika anak kecil sudah mahir bergadget ria. Yap, even my not yet 3 years old son can choose and play his favorite game in my cell phone ;). Saya tidak pernah mengajarkan padanya, dia hanya melihat kakaknya yang memang sudah terbiasa memainkan game di Hp saya kemudian tarrraa!! He suddenly can play the game :@. Mereka saya perbolehkan bermain game hanya sebatas memainkan tanpa tahu bagaimana men-download-nya dari play store. Khawatir banyak "gambar dan konten-konten ajaib" yang akan muncul dan terunduh tanpa sengaja :v.


Tekhnologi yang berkembang sangat cepat memungkinkan anak-anak terpapar hal-hal yang tidak sepantasnya mereka lihat seperti konten pornografi. Tapi, melarang mereka mengenal gadget dan tekhnologi juga bukan solusi yang baik :o. Tekhnologi harus dijadikan sarana untuk mengembangkan diri dan berwawasan luas. Saya biasanya memilihkan game dari play store lebih banyak yang bersifat edukasi seperti puzzle, mencocokkan gambar, dan asah otak.


Tampilan awal Aplikasi Anak Cerdas
Sumber: dokumen pribadi

Nah, belum lama ini saya menemukan aplikasi menarik di play store yaitu Aplikasi Anak Cerdas. Aplikasi untuk anak-anak bermain dan belajar. Tampilan pertama nya menarik yaitu tampilan berbagai macam profesi yang colorful. Aplikasi anak cerdas terbagi menjadi tiga menu utama yaitu dunia anak, dunia tekno dan pengaturan. 


Yang bikin saya kepincut sama aplikasi ini adalah adanya menu pengaturan :@ Jadi, dengan adanya menu ini, kita sebagai orang tua bisa mendapatkan:
  • Laporan penggunaan aplikasi dan lama waktu penggunaannya yang bisa dikirim setiap bulannya ke email kita *kalau mau menegur anak karena kelamaan pegang gadget ada bukti valid* ;)
  • Mengendalikan apa saja yang bisa di unduh dan di akses oleh anak-anak. Tidak bisa sembarangan mengunduh dan memilih aplikasi tanpa password *pokok nya pasword dimana-mana* :d

Interesting right?
Sumber: Dokumen pribadi

Di dunia anak, ada dua menu pilihan yaitu Mari bermain dan Latihan Yuk. Di menu mari bermain kita bisa mendapatkan banyaaaaak sekali aplikasi menarik. Ada edukasi, permainan, dan buku cerita. Masing-masing pilihan terbagi lagi menjadi banyaaak pilihan dan semuanya menarik. Di edukasi ada Rambu lalu lintas, Ensiklopedi dinosaurus, Biografi pahlawan Indonesia, Coloring book, dan masih banyaaaak yang lainnya. Begitu juga untuk permainan dan buku cerita. Pilihannya beragam dan mencakup semua agama :@.


Tesedia tiga profil tuk diisi dan dipantau perkembangannya ;)
Sumber: Dokumen pribadi

Di menu Latihan Yuk kita bisa belajar dengan memilih mata pelajaran yang diinginkan. Pilihan yang tersedia: Matematika, Sains, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia untuk SD kelas 1-6. Di menu latihan yuk ini kita juga bisa membuat profil anak sehingga kita bisa melihat nilai yang didapat setiap anak ;).


Athaya gets score 20 out of 20. Gut job!!! ;)
Sumber: Dokumen pribadi

Pada menu dunia tekno, banyak tips untuk anak dalam hal bergadget ria. Seperti: cara aman berteman di jejaring sosial, cara hemat baterai gadget, cara merawat gadget layar sentuh, tips aman menggunakan smartphone bagi anak-anak, sampai cara belajar masak dengan aplikasi android.


Athaya lagi gandrung banget ma aplikasi anak cerdas ;)

Athaya suka banget sama aplikasi ini. Dia udah coba semua mata pelajaran. Her favorite is sains. Di profil nya saya setting untuk pelajaran kelas 1 tapi karena dia maunya selalu selangkah dua langkah ke depan makanya saya buatin lagi dua profil tambahan menggunakan nama adik dan sepupunya dengan settingan pelajaran kelas 2 dan 3. Komentar athaya: "Pelajaran kelas 2&3 juga gampang kok Ummi. Ada nggak yang susah?" Beeuh.. gaya mu nak :).



Buat para orangtua, yuk dicoba aplikasi anak cerdas ini. Nggak akan bikin dag-dig-dug and panik mendadak kok.... Kita bisa dengan hati tenang dan santai kaya di pantai sambil menghirup udara laut, melepas anak bermain dan belajar dengan gadget. Kita tenang, kemampuan anak berkembang. Oke banget kan? :d. Aplikasi Anak Cerdas ini bisa diunduh secara gretong alias yu don hev tu pey di play store terdekat kesayangan anda eh di play store android anda ;). 


Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi anak cerdas
kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia

11 komentar:

Agustinadian Susanti mengatakan...

wah keren mak... moga sukses ya

Indah Sulistyowati mengatakan...

Terimakasih mak Agustinadian Susanti ;)

virmansyah mengatakan...

sukses mbak :) aplikasi anak cerdas ini emang solusi buat si anak yang doyan main gadget hehe

Indah Sulistyowati mengatakan...

Setuju sedelapan sesembilan sesepuluh ma virmansyah. Aplikasi anak cerdas jawaban atas kekhawatiran orangtua. Trims kunjungan nya ;)

Napitupulu Monitorir mengatakan...

seru ya, aplikatif sekali untuk orgtua dan anak2 :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Iya mak napitupulu monitorir... aplikatif dan menarik kali ni tuk kita semua ;)

soeman jaya mengatakan...

Wahhh ... bagus sekali info ini ... yes 3x ... kita harus beralih ke yang positif untuk anak-anak :)
Soalnay di rumah kel. besar ada 3 balita cow (3th, 2,5th dan 1th 9 bulan) ... itu mainnya sudah 'aiped ... sudah kenal istilah 'loodingg ... Terimakasih ya mbak :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Betul pak soeman jaya, aplikasi ini cocok buat anak-anak karena edukatif dan aman. Makasih kunjungannya ;)

Enda Fathir mengatakan...

wah keren ini .tar deh kalo anakku dah cukup umur, aku kenalin app ini,.

Indah Sulistyowati mengatakan...

Ya Yun,.. cucok!! di coba ntar ya ;)

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Aplikasinya oke neh... saya baru tahu :)
Makasih banyak sharenya yang, Mbak.

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)