Kamis, 10 April 2014

Giveaway: DONGENG TIME!!!



Dunia dongeng identik dengan dunia anak. Anak mana yang tidak suka dengan dongeng :f?, bahkan saya yang bukan anak-anak lagi saja masih suka kalau mendengarkan dongeng ;). Dari sejak hamil anak pertama, saya sudah berniat untuk mendongeng pada anak saya kelak karena selain pengalaman menyenangkan didongengkan ibu waktu kecil, manfaat mendongeng untuk perkembangan mental bayi dan balita juga sangat luar biasa. Selain memperkuat bonding (ikatan) emosi antara ibu dan anak, mendongeng juga mempunyai banyak manfaat lain, seperti yang saya baca dari ayahbunda.co.id:
  1. Meningkatkan ketrampilan bicara anak karena bayi dan balita akan mengenal banyak kosakata
  2. Mengembangkan kemampuan bahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat
  3. Meningkatkan minat baca
  4. Mengembangkan ketrampilan berpikir
  5. Meningkatkan ketrampilan problem solving
  6. Merangsang imajinasi dan kreatifitas
  7. Mengembangkan emosi
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral
  9. Memperkenalkan ide-ide baru
  10. Mengalami budaya lain
  11. Relaksasi

Ini bukan foto saya lho :)
Sumber: tempatsampahku.weebly.com

Sejak anak pertama (Athaya) lahir sampai sekarang, di umurnya yang sudah menginjak 6 tahun, saya Alhamdulillah rutin mendongeng untuknya sebelum tidur. *Athaya nggak mau tidur kalau nggak di dongengin* :o. Pekan lalu sebelum athaya saya tinggal dinas luar, seperti biasa, dia kebingungan "Nanti siapa yang ceritain aku?" tanyanya. "Ya eyang uti lah..." jawab saya. "Nggak mau, eyang Uti kalau cerita kancil terus" :) Alhamdulillah akhirnya Athaya mau (mau nggak mau sih sebenernya) ditinggal pergi beberapa hari dengan sebelumnya saya meminta Ibu bercerita dongeng yang lain :).


Koleksi sebagian buku athaya

Saya mulai membacakan dongeng untuknya dari buku-buku cerita yang saya beli. Sejak semua buku ceritanya sudah habis saya bacakan, saya beralih membuat cerita sendiri. *kebanyakan numpuk buku cerita, tumpukan rupiah menipis* #kenapabukuharganyamahalya? :v. 


Cerita yang biasanya saya bawakan adalah hasil pengembangan dongeng yang sudah pernah saya bacakan. Saya yakin karena sudah banyak membaca buku dongeng anak, saya terlatih mengarang cerita secara instan :@. Terkadang, sampai kalimat pertama terlontarpun saya sebenarnya belum tau ceritanya akan seperti apa. Yang penting, saya pilih poin nilai-nilai moral yang mau saya sampaikan.


Tokoh favorit The Kiddos
Sumber: laguanak2.blogspot.com

Selain tokoh manusia, tokoh binatang merupakan salah satu favorit anak saya. Genre dongeng saya biasanya komedi tapi entah kenapa, akhir-akhir ini Athaya minta genre horor :v. Saya yang terkadang menolak dengan alasan takut *memangtakutbeneranlhoya* :#. 


Manfaat mendongeng juga sudah saya lihat pada Athaya. Imajinasinya sudah berkembang :@. Sekarang, bukan saya yang membuat cerita pembukanya melainkan dia. Saya pasti bertanya terlebih dahulu "Mau diceritain apa nih yank?" biasanya athaya akan memilih tokoh (dari stok tokoh-tokoh yang pernah saya ceritakan sebelumnya) terlebih dahulu. Misalnya, dia akan menjawab "Cerita ulil Mi," (Ulil adalah tokoh ulat bulu) "Ulil nya ngapain?" pancing saya. Athaya akan memberikan cerita pembukanya. Saya tinggal melanjutkan dan menyisipkan doktrin-doktrin positif di dalam ceritanya.


Manfaat yang lain, dulu, Baby Athaya bisa lebih cepat berbicara dibanding anak teman saya yang lebih tua beberapa bulan :d. Anak teman saya itu memang tidak pernah dibacakan dongeng :(. Sekarang athaya juga cerewet luar biasa!!. Bahkan, Akhtar (anak kedua saya) pun ikut-ikutan cerewet karena pendengar dongeng saya sekarang mereka berdua :).


Athaya & Akhtar (ikutan gaya) Baca buku

Selain itu, athaya juga gemar membaca. Semua buku sudah di bacanya bahkan ada buku favoritnya yang dibaca berulang-ulang hingga dia hafal kata per kata :@ *ini buku favorit atau mak nya belum mampu beliin buku yang baru?*.


Analisa dan problem solving yang out of the box juga terkadang muncul dari mulut kecilnya. Yang bisa cuma saya komentari dengan "O iya ya yank, bener juga" :) ples rasa haru biru di dada jiaaah ;).


Momen yang paling saya sukai ketika mendongeng adalah ketika saya kontak mata dengan athaya, memperhatikan ekspresi wajahnya ketika mendengarkan dongeng :L. Antusias, penasaran, tertawa geli, sampai matanya merem melek, tertidur pelan-pelan.


Momen mendongeng yang tidak mengantarkan tidur :)
Seger euy!! *jam tidur mundur coz poto-poto dulu*

Nah, duka mendongeng adalah saya suka mengacaukan momen mata athaya merem melek, menahan kantuk. Saya paling nggak nahan liatnya akhirnya saya cekikikan sampai terbahak-bahak :O yang akhirnya malah membuat athaya dan akhtar seger buger nggak ngantuk lagi. Cekikan saya harus dibayar dengan cerita baru lagi :) No problemo kiddos, anything por yu dah :L!!.

harselaarinda.blogspot.com

Untuk ibu-ibu atau bapak-bapak yang belum mendongeng tuk anak-anaknya, mendongeng yuuk... Rasakan ikatan batin yang akan bertambah, adanya romantisme orangtua dan anak, ples jangan lewatkan kesempatan bisa mendidik, menanamkan dan mendoktrin banyak hal positif lewat dongeng.


Semua bisa menjadi pendongeng, semua bisa mahir mendongeng. Mau tau trik jadi pendongeng yang baik? Saya share ya... Ini saya dapat dari ayahbunda.co.id. 5 tips tuk jadi pendongeng yang jempolan:

  1. Ambil cerita yang anda sukai karena anak akan menangkap antusiasme anda
  2. Sering kontak mata dengan anak walaupun anda membacakan buku agar anak tetap fokus pada cerita anda
  3. Kurangi gangguan, cari tempat tenang
  4. Bicara wajar tak perlu banyak gerakan agar anak anda tetap fokus pada cerita bukan pada gerakan anda
  5. Tingkatkan partisipasi anak dengan menjadikan nya bagian dalam cerita anda
Sudah siap mendongeng? Kita semua pasti bisa!! ;)


Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Semua Tentang Dongeng Anak

4 komentar:

Santi Dewi mengatakan...

saya biasanya cari buku yg diskonan mba hehehe

Indah Sulistyowati mengatakan...

Nah itu juga masalah tersendiri mbak santi, saya suka ketinggalan info diskonan buku. Terkadang juga waktunya nggak pas alias pas nggak punya duit :). Makasih dah mampir ;)

Informasi Perumahan Yogyakarta mengatakan...

senangnyaaa yg jd athaya dan akthar di dongengin terus :D
salam kenal sob

Indah Sulistyowati mengatakan...

Salam kenal juga Informasi Perumahan Yogyakarta *Kenalan ma benda nih eike* #pake nama donk :)

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)