Jumat, 17 Januari 2014

Sehat Seperti Rosulullah Yuuuk

Setau saya, Rosululloh tidak pernah sakit *Soktau. Eh, bener deh *Kayanya. Kalau baca siroh nabi *Mangdahtamat? saya belum menemukan cerita Rosululloh sakit. Nggak tau ya, pernah nggak ya Rosululloh sakit? :t :f *Needtodoblogwalking

Yah sudahlah, kita akhiri kebingungan saya dengan mengucap hamdalah. *Kok? Ya iyalah, Alhamdulillah saya masih bingung berarti masih da pikirannya dan masih pengen tau tentang kisah hidup Beliau alias pe du li ;)

Alhamdulillah, setelah googling sebentar, saya dapat beberapa info. Menurut beberapa shiroh, ternyata Rosulullah hanya sakit dua kali sepanjang hidupnya :@. Pertama setelah menerima wahyu pertama, Beliau menggigil karena demam dan sebelum Beliau wafat. Menurut sumber yang lain, Beliau sakit lebih dari dua kali. Selain yang tersebut di atas, Beliau juga pernah sakit karena di tenung seorang yahudi dan sakit karena di racun oleh seorang wanita yahudi setelah perang Khaibar.

Mengapa Rosululloh jarang sakit walaupun akifitasnya tinggi dalam berdakwah, beribadah, bahkan terjun langsung dalam peperangan? karena Rosulullah mencegah hal-hal yang potensial untuk mendatangkan penyakit dengan melakukan pola hidup sehat. Beliau lebih mengedepankan tindakan pencegahan daripada pengobatan.

Ini saya dapat dari ... *Lupanyatetsumbernya. Yang pasti, komik ini buatan Nor Abdulah_Jeddah. Berikut merupakan cara-cara yang dilakukan Rosululloh SAW menjaga kesehatan. Cekidot:



Bangun sebelum shubuh memang menyegarkan ya?. Tau kenapa? Dr. Abdul Hamid Dayyat mengatakan bahwa kadar ozon di udara pada waktu fajar sangat melimpah dan akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahari terbit. Ozon mempunyai pengaruh positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Sehingga akan merasakan kesegaran sepanjang hari. Apalagi, sebelum shubuh, qiyamul lail juga, Ehm... dijamin deh segar lahir batin sepanjang hari :c.

Selain bangun sebelum shubuh, mandi sebelum shubuh juga menyehatkan lho... Kalau yang ini sudah rutin saya jalani :@ *sejakjamkerjasemakinpagiaje :v  Beberapa penelitian menjelaskan ada 7 manfaat mandi sebelum shubuh.
  1. Melancarkan peredaran darah. 
  2. Meningkatkan sel darah putih
  3. Menurunkan resiko darah tinggi
  4. meningkatkan kesuburan
  5. Rambut menjadi lebih sehat
  6. Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
  7. Meredakan depresi
Sebelum dan pada saat tidur juga ada beberapa hal yang biasanya dilakukan Rosululloh sehingga kualitas tidur nya optimal. Yang Beliau lakukan sebelum tidur adalah membersihkan diri, membersihkan tempat tidur, serta membaca surat Alfatihah, ayat kursi, Al-Ikhlas 3x, Al falaq, dan An-Naas setelah itu ditiupkan ke dua telapak tangan yang di usapkan ke seluruh tubuh. Hikmahnya, setan tidak akan mengganggu kita selama tidur. Posisi pada saat tidur, Rosululloh memiringkan tubuh ke arah kanan terkadang ke arah kiri sebentar kemudian kembali lagi ke arah kanan. Ternyata inilah posisi tidur yang paling baik. Ada 3 manfaat tidur miring ke arah kanan:
  1. Menjaga saluran pernapasan. Tidur miring dapat mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Tidur dengan posisi telentang mengakibatkan saluran pernapasan terhalang oleh lidah. Yang juga mengakibatkan orang mendengkur sehingga tubuh kekurangan oksigen. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan napas terhenti beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Biasanya akan pusing karena kekurangan oksigen.
  2. Menjaga kesehatan jantung. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ tubuh yang lain karena posisi jantung yang cenderung ke kiri. Bila posisi tidur miring ke kiri maka jantung akan mendapatkan curah darah yang lebih banyak dari paru-paru kanan (yang mendapat pasokan darah lebih banyak daripada paru-paru kiri).
  3. Menjaga kesehatan paru. Jika tidur dengan miring ke kanan, paru-paru kiri yang ukurannya lebih kecil daripada paru-paru kanan tidak akan tertekan oleh jantung.



Sudah jelaslah ya,.. kan ada pepatah kalau kebersihan pangkal kesehatan. Dengan bersih, kuman-kuman ga ada ceritanya akan bertahan lama di tubuh kita. Setiap masuk rumah setelah bepergian lebih baik langsung cuci kaki dan tangan jangan lupa pakai sabun karena kalau pake air aja, si kuman nggak mati lho :o.




Pernah dengar tentang hadits yang menyatakan bahwa Rosululloh makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang?. EETGS alias eh eh tau ga sih... :) menurut hasil googling saya ternyata hadits ini belum diketahui keabsahannya karena dari beberapa shiroh, Rosul pernah menjamu para sahabat dan mereka pun makan sampai kenyang. Jadi, boleh makan sampai kenyang tetapi sekali lagi bukan kenyang yang berlebihan. Nah, kalau dikhawatirkan lebih banyak mudhorotnya lebih baik berhentilah sebelum kenyang. Menurut HR. Ibnu majah no.3340 dikatakan 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 untuk udara.



Jalan kaki merupakan olahraga yang paling murah sedunia tetapi memberikan manfaat yang besar :@. manfaat dari jalan kaki adalah:
  1. Mencegah osteoporosis. Pernah dengar ajakan untuk jalan kaki 10000 langkah kan? Dengan 10000 langkah dan paparan sinar matahari pagi rutin selama 15 menit, tulang akan lebih terhindar dari ancaman osteoporosis.
  2. Mengurangi berat badan *interestingpoint ;). Pembakaran kalori akan lebih cepat terjadi jika jalan cepat secara rutin di pagi hari *langsungberniat :y. Kalau mau siang hari, matahari terik amat sangat juga ga papa sih kan hak pribadi :)
  3. Mencegah serangan jantung. Berjalan kaki dengan cepat sampai tergopoh-gopoh (saya juga dah sering ini, ngejar absen!! :) ) dapat memperderas aliran darah kejantung. Acupan oksigen terjaga dan kinerja jantung tetap normal.
  4. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Dengan bergerak, tekanan darah akan menjadi lebih rendah dan HDL (si kolesterol baik) akan meningkat dan menyerap LDL (si kolesterol jahat).
  5. Mencegah diabetes. Hasil penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney diseases mengatakan jalan kaki dengan kecepatan 6 km/jam selama 50 menit dapat mencegah diabetes.

Kesehatan seorang muslim tidak hanya berdasar pada kesehatan jasadiyah saja, yang lebih utama dan mendasar adalah kesehatan ruhiyahnya dan keindahan akhlaknya :~. Jadi, jelas: Laa Taghdhob, jangan marah :o. Cara menghilangkan amarah yang dicontohkan Rosululloh: Ubahlah posisi ketika marah. Jika duduk, berdirilah. Jika berdiri, duduklah atau bisa juga berbaring sambil mengucapkan taawudz. Jika masih marah juga, ambillah wudhu. Karena amarah itu dari setan yang terbuat dari api maka siramilah dengan air wudhu.



Hilangkanlah iri hati dalam kamus kehidupan kita. Jangan sampai senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang. Dari HR. Abu dawud " waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki) sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu."

Terakhir, kita harus senantiasa berdo'a :y. Memohon kepada Alloh supaya selalu diberikan kesehatan. Baik sehat jasad, jiwa, serta ruh. Sehat itu mahal guys... dan kita tidak akan pernah menyadarinya sampai kita sakit. Naudzubillahi min dzalik ...


*dampak abis denger BPJS yang kabarnya makin irit plafon nya :v 

Source :
mentoringku.wordpress.com; tribunnews.com; systembiru.blogspot.com;

2 komentar:

pipit mengatakan...

kalo baca sekilas kelihatannya gampang ya mak.. tapi pas dipraktekkin huhuuuyyy ga janji bisa ah :P

Indah Sulistyowati mengatakan...

Iya mak, kayanya gampang tapi sulit praktek kayanya. Yang penting dah niat he3. Makasih dah mampir ya mak... lam kenal. I like your blog, menggoda tuk di ubek-ubek :)

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)