Kamis, 30 Januari 2014

Boros?... Tak Kaya Kaya

mobavatar.com

Dulu, masa-masa sebelum menikah-zaman saya masih gadis nan banyak acara jalan-jalan-saya tidak begitu peduli aware dengan urusan penghematan. Mau apa, ya beli. Mau pake apa, ya pake aja. Mau pergi ke mana, ya hayo. Mau belanja, yuk mari. 


Nah, setelah menikah, semua itu harus diakhiri, hiks hiks :(. Mau apa, lihat RAB (Rencana Anggaran Belanja) dulu. Mau pake AC waktu bobo siang :s di siang hari nan terik, langsung kebayang tagihan listrik bulan depan. Mau pergi ke dufan, langsung ngitung di kali empat kepala ples jajan. Mau belanja, langsung berdalih "ah, belum urgent". Ujung-ujungnya semua itu tak terwujud!! Hiks hiks, kapan penderitaan ini berakhir? :y.


Setelah menikah pula saya banyak belajar cara menghemat dari si Mr. Irit yang nggak lain nggak bukan, my lovely husband :@. Ternyata banyak lho yang bisa kita lakukan dalam rangka penghematan. Mungkin hanya hal kecil, tapi inget pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit kan? :c. Jadi, saya mulai beralih ke cara yang di perintahkan ajarkan suami saya *tumben nurut :). Berhubung tujuan akhir adalah menjadi kaya jadi, yuk mari... Sapa tau penderitaan di atas akan segera berakhir. :y Berikut tips nya:

  1. Saya tidak pakai ART. Ini penghematan luar binasa mak... :c Betapa dulu saya sering harus banyak menahan diri untuk tidak marah meledak-ledak karena kalau nyuci baju, si bibi pake air seenaknya, detergent segambreng, pewangi setumpahnya tanpa ada takaran yang akurat dan presisi :v. Ya si bibi mah santai aja kaya di pantai lha yang beli kan saya :(. Tapi ini bukan alasan utama saya tidak pakai ART lagi. Lebih karena semua masih bisa di handle berdua ma suami.
  2. Bawa bekal tuk makan siang di kantor. Tapi yang ini, dah jarang *tet tot sensor pemborosan berbunyi* :)
  3. Ganti sabun mandi cair dengan batangan. Sabun batangan yang sudah kecil, tempelkan lagi dengan sabun yang baru.
  4. Tambahkan sedikit air pada kemasan shampo yang sudah habis. Masih bisa tuk 1-2 kali keramas. Nah, kalo anak kost punya trik hemat lain, pake shampo kemasan sachet. Jadi, takerannya pas, nggak akan kebanyakan kaya kalau harus nuang dari kemasan botol.
  5. Mengeluarkan pasta gigi, di mulai dari pangkalnya. Jangan dari tengah (posisi paling enak sebenarnya) biar semua ikut terbawa keluar kata suami saya. Ples di gulung-gulung kalau dah masa penghabisan.
  6. Ganti pelembut pakaian celup dengan pengharum semprot tuk setrika. Lebih awet harumnya.
  7. Pisahkan pakaian yang tidak perlu di setrika (baju tidur the kiddos) dengan yang perlu di setrika (baju kerja). Ketika menyetrika selesai, segera cabut dan pakai tuk menghaluskan baju yang tidak perlu di setrika. Kata suami saya sih, panasnya masih cukup kok ;)
  8. Kalau masak mie instan, setelah air mendidih, masukkan mie dan matikan kompor. Kalau yang ini mah belum saya patuhi :) berasa belum mateng. Ntar gimana kalau terjadi sesuatu ma my stomache. Sakit, masuk rumah sakit, keluar duit banyak juga kan *alasan abadi*
  9. Teh celup bisa tuk 2-3 gelas teh. Simpan saja dulu di wadah kalo cuma bikin 1 gelas. Buat besok lagi.
  10. Nasi tinggal sedikit di magic com, cabut aja. Keluarkan nasi, taruh di piring. Kalau suami saya suka nyuruh saya makan lagi "Makan aja lagi, jangan malu-malu :$" katanya. Beuh, niat diet nggak pernah terlaksana :v. *ternyata aku bertambah 5 kg because of you dear. The problem is not on me*
  11. Jangan setrika pakaian sedikit-sedikit tapi setiap hari. Baiknya, seminggu sekali aja walaupun segunung galunggung. *nasib pekerja tanpa ART* :c
  12. Jangan menyetrika atau mencuci (dengan mesin cuci) di malam hari coz it's peak moment. Beban terbesar pemakaian listrik adalah jam 5 -10 malam. Harga per kwh nya mahal mak!! *kata suamikuh*
  13. Matikan TV kalau emang nggak niat nonton TV. Suami ples the kiddos jarang nonton TV kalo saya di rumah. Kerjaan mereka, ngintilin saya ke dapur. Nemenin saya masak sambil ngobrol yang seringnya berakhir dengan kerusuhan :v . Dapur berantakan karena athaya ikut motong-motong apa gitu. Air tumpah karena akhtar seneng nemu air segentong dengan aksesibilitas tinggi. *tet tot sensor pemborosan energi dirikuh berbunyi*

ayampresto.blogspot.com

Itulah beberapa tips yang bisa saya share. Siapa tau bisa di aplikasikan ke kehidupan kalian juga. Jadi kan kita ntar sama-sama menjadi kaya :p. Untuk yang udah kaya ya bisa jadi tambah kaya kalo diiringi banyak sedekah (kalo urusan sedekah nggak boleh ngirit, berlebih-lebihanlah!!) apalagi kalo sedekahnya ke saya :k.


Saya sudah menerapkan cara berhemat tersebut hampir 7 tahun!!! Apakah saya sudah kaya? :f *langsung cek saldo rekening* wah, belum juga tuh :) tapi bukan berarti tips di atas nggak berpengaruh secara significant ya... Pasti ngaruh, cuma pengeluaran saya aja kali ya yang nambah :). Memang benar kata Salim a. Fillah: Untuk mencari kesalahan, alat utama yang kita perlukan adalah cermin bukan teropong :).

10 komentar:

kakaakin mengatakan...

Tips-nya banyaak :D
Etapi yang matiin tipi tuh kadang nggak saya lakuin :( Karena kayaknya kalo ada suara tipi, ada yang nemenin pas begadang :D

Terima kasih sudah ikutan GA Irit tapi Bukan Pelit. Sudah tercatat sebagai peserta :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Coba ganti suara tv dengan radio aja mba.... lebih kecil kebutuhan listrik nya. Irit is a must!!! :)

Apikecil mengatakan...

Terima kasih sudah berbagi di giveaway irit tapi bukan pelit :)

Salam,
@apikecil

Indah Sulistyowati mengatakan...

Terimakasih sudah mampir mbak @apikecil ;)

Susi Susindra mengatakan...

wah, baru tahu peak time listrik.... TFS ya mak....
langsung kaget di bagian ini. xixi.. jam segitu malah pemakaian listrik kami terboros.

RumahJurnalku mengatakan...

mak Indah salam kenal ya ^^
aku ketawa-ketiwi baca postingan mak :p lucuu..

Yuni Andriyani mengatakan...

Iya mak...Apapun alasannya kalau boros pasti menimbulkan penyesalan nantinya....

Indah Sulistyowati mengatakan...

memang penyesalan selalu di belakang ya mbak Yuni, kalau di depan namanya pendaftaran :p

fanny fristhika nila mengatakan...

waduuuh mba, kok semua tipsnya ga bisa aku terapin di rumah yak :D Oke, kecuali jgn pake mesin cuci ama setrika malam2 ;p.. ART ku slalu pagi jg sih.. Caramu terlalu extrem mba :), kalo caraku sendiri sih, gaji yg aku trima, 20 persen ditabung, 50% utk traveling karena itu hobiku dan ga bisa diganggu gugat :D, 30% sisa utk beli keperluan ato uang jajanku ;p

keperluan RT , ART, supir, sekolah anak, urusan lain2, itu suami yg bertanggung jawab :D

Tapi semua balik ke individu msg2 sih mba :).. yg ptg kan konsisten tiap bulan nabung, biar ada pegangan saat dibutuhkan :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

He he,... caraku ekstrem ya mbak?

Konsisten nabung memang penting banget!! We'll never know what will happen ya

Makasih ;)

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)