Selasa, 04 Maret 2014

A Wonderful Wife

kupunyaaci.com
Being a wonderful wife is every woman's dream. Setuju tak? Saya sih setuju banget :d. Perempuan mana sih yang nggak mau dianggap wonderful wife sama suaminya. Termasuk saya. Sebelum bikin tulisan ini, saya "menginterview" suami saya tentang apa sih wonderful wife   menurut dia?  :f . Saya cuma ngangguk-ngangguk dengerinnya sambil nyemil makaroni and tiba-tiba mau nangis abis mengevaluasi diri :t. You know why? suami saya dengan santainya menyimpulkan, khadijah is a wonderful wife. Wuaaa!!! nangis nggak sih lho dengernya. Apalah diri ini, mana bisa aye kaya wanita semulia Bunda Khadijah? pembicaraan langsung terhenti but I promise myself, pokok e tetep I'll do my best.

Sudah dapat dari sisi lelaki, saya mau menuliskan apa itu wonderful wife menurut saya, dari sisi perempuan. Menurut saya seorang istri dikatakan sebagai Wonderful wife jika bisa menempatkan dirinya pada 3 peran sesuai dengan situasi dan kondisi. 3 peran itu adalah:

  • Sebagai istri
  • Sebagai partner kerja
  • Sebagai sahabat



ikanbelo.blogspot.com
  • Sebagai Istri
Bagian peran sebagai istri disini memunculkan segala bentuk kewajiban istri terhadap suami. Seorang wanita harus tunduk dan patuh terhadap suaminya selama sang suami masih berada di jalan Alloh dan tidak memerintahkan hal-hal melawan Alloh. Sebaiknya tidak ngeyel dengan banyak alasan. Laki-laki adalah pelindung buat wanita. So, just trust him girls!! :c. Dalam hadits disebutkan: 

Jika seorang istri melakukan sholat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, 
memelihara kemaluannya, dan menaati suaminya, 
niscaya dia akan memasuki surga Tuhannya
(HR. Imam Ahmad)

Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain,
 tentu aku akan menyuruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya
(HR. Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah


Seorang istri harus memenuhi semua kebutuhan suaminya, baik lahir maupun batin supaya suami ridho padanya. Lakukan hal yang menyenangkannya :L dan jauhi hal yang tidak disukainya :o.


Seorang istri harus menjaga harta, kehormatan, dan nama baik suami. Baik dengan keberadaan suami di rumah maupun tidak.



kartun.com
  • Sebagai Partner kerja
Kerja yang dimaksud disini adalah kerja bersama mewujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Suami dan istri harus saling terpadu sebagai partner kerja yang harmonis, seirama, sevisi, dan semisi. Istri harus menjadi wanita cerdas sehingga bisa mengakomodir kebutuhan anggota keluarga. Baik kebutuhan jasadiyah, ruhiyah, dan fikriyah. Perlu diingat, ibu itu madrasah pertama anak-anaknya jadi harus cerdas kan?. Jangan sampai istri tidak up date dengan segala hal baru di luar sana, yang cuma ha-he-ha-he kalau diajak ngomong :(. Jadilah partner kerja yang aktif tidak hanya pasif. Jadilah poros kehidupan di rumah. Jiaah bahasa gue :) yang kalo nggak ada si mak tuh dunia sepi.... ;). Partner kerja disini juga harus mandiri. Tidak menggantungkan semuanya pada suami. as long as you can do it by yourself, just do it.




  • Sebagai Sahabat
Ada kalanya, wanita harus memainkan perannya sebagai sahabat bagi suaminya. Sahabat yang akan mendengarkan keluh kesahnya, akan mendukung dan memotivasinya agar menjadi pribadi yang lebih hebat, bercanda bersama tertawa lepas, menyenangkan hatinya, penggembira selalu alias pasukan hore-hore gitu deh :d.


Itulah 3 point yang menurut saya harus dimiliki seorang wanita jika ingin dikatakan wonderful wife. Bagaimana cara mewujudkannya :t? Ikhlaslah, lapang dada, tidak merasa lebih dari suami a.k.a sombonk and always pray for the best :y.

Subhanalloh, bisa dibayangkan nggak sih kalau semua wanita berhasil mengoptimalisasikan perannya? Yakin, indonesia baru yang hebat nggak akan lama lagi terwujud :@. Why? karena wanita memang memegang peran yang penting untuk mewujudkan terciptanya keluarga yang tangguh dengan segala kebaikannya. Bermula dari keluarga yang baik menjadi masyarakat yang baik kemudian menjadi bangsa yang baik. Sounds great, isn't it?.

Itulah wonderful wife menurut saya. Mohon doa- dan saya juga akan mendoakan semua istri yang membaca ini- agar saya dan semua istri bisa menjadi wife yang wonderful. Amin... :y

Masukan untuk blognya mak ida, :t hmm bagaimana kalau templete blog nya diganti yang lebih berwarna cerah kaya orange, merah. Itu sih selera saya kayanya :). But so far sih nggak ngeganggu banget... ;). Saya sudah kerasan kalo di blognya mak Ida, simple tampilannya nggak berat loading karena nggak banyak widget. Alhamdulillah, nambah bersyukur lagi kalau mak Ida nambahin tombol back to top biar nggak capek scrool ke atas lagi secara postingan mak Ida biasanya panjang ples kalo baca komen-komennya makin panjang seIndonesia :).


10 komentar:

E. Novia mengatakan...

Aamiin.

Gugun mengatakan...

kalau soal istri saya gak bisa komentar soalnya belum punya hehehe

Euisry Noor mengatakan...

Semoga kita bisa mewujudkannya Mak... Kalaulah Siti Khodijah itu salah satu sosok wonderful wife, berarti sudah ada ideal buat teladan yang benar buat kita. Meski masih jauh, sudah ada idealisme yang betul, setidaknya :)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Terimakasih E. Novia ...

Indah Sulistyowati mengatakan...

Semoga Gugun mendapatkan istri yang wonderful,Amin... ;)

Indah Sulistyowati mengatakan...

Amin... setuju sedelapan sesembilan sesepuluh sama mak Eusry Noor :)

RumahJurnalku mengatakan...

Hai mak Indah :)
Mudah2an mak Indah benar2 bisa menjadi istri yang selalu disayang dan dikasihi oleh suami yaa, aamiin.

Indah Sulistyowati mengatakan...

Amin... doaku juga untukmu mak rumah jurnalku (dah ada calon belum? Mo dicariin?) *maafkalokepo?* ;)

Ida Nur Laila mengatakan...

makasih ya sudah partisipasi...apalagi ada boneka jarinya...makasih juga masukannya...siip

Indah Sulistyowati mengatakan...

Terimakasih mak Ida sudah berkunjung, semoga saya beruntung ^__^ *sambilnyuguhinteh*

Posting Komentar

Terimakasih sudah membaca,... please give your comment here ;)